Tuesday, November 21, 2017
  • Ikuti Kami
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala
  • Posko Jenggala
  • Posko_Jenggala

Bencana Kebakaran Baduy Luar

Published : 31-Mei-2017 | 14:32:16

Penyerahan bantuan terpal plastik oleh Andi Sahrandi


Sebanyak 84 rumah adat warga Baduy Luar terbakar di kampung Cisaban, Desa Kanekes, Lebak, Banten. Tak kurang dari 105 kepala keluarga harus mengungsi ke kampung-kampung di sekitarnya.

penyebab api diduga berasal dari tungku masak di salah satu rumah warga. Dari situ, api kemudian menjalar ke rumah-rumah di sampingnya sampai menghanguskan 84 rumah.

Dari sisi bangunan rumah, warga adat Baduy masih mengikuti aturan adat yang ketat. Di perkampungan Baduy, semua rumah dibangun sederhana hanya berbahan kayu, bambu dan atap dari rumbia. Bedanya, rumah Baduy Dalam dibuat lebih sederhana dan dilarang menggunakan paku.

Secara umum, masyarakat Baduy mayoritas bekerja di ladang. Bertani dengan cara ngahuma merupakan kewajiban dan rukun bagi adat Baduy. Aspek kehidupan masyarakat yang bertugas sebagai penjaga alam di pegununan Banten bagian selatan ini sehari-hari diatur oleh kalender adat. 

Tanggal 28 Mei 2017 Posko Jenggala menyambangi lokasi kebakaran yang terletak dikampung Cisaban, perjalanan dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan darat sampai tempat parkir mobil disekitar, kemudian diteruskan dengan berjalan kaki menuju lokasi selama 1 jam perjalanan

Kedatangan Posko Jenggala ke lokasi bencana, selain melihat keadaan terakhir juga ikut membantu memberikan terpal plastik untuk digunakan sementara bagi korban bencana kebakaran 


Waktu Kegiatan


27-Mei-2017 S/D 28-Mei-2017

Lokasi Kegiatan


Berita Terbaru


Selengkapnya

Aktivitas Terbaru


Selengkapnya

Kontak

GERAKAN KEMANUSIAAN POSKO JENGGALA

Jl. Gunung Indah II No. 50, Cirendeu, Ciputat, Tanggerang Selatan

(021) 7445734

(021) 7445734

info[at]posko-jenggala.org

www.posko-jenggala.org